Berbagai jenis kegiatan otomotif tidak hanya menyangkut masalah teknis saja. Akan tetapi kegiatan diluar teknis justru mempunyai peranan y~:mg lebih besar. Berbagai kegiatan tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian yang telah diambil dari beberapa referensi antara lain sebagai berikut : 

Jenis Kegiatan Otomotif

  1. Kegiatan Teknis

Kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui prinsip kerja mesin mobil. Suatu mobil memiliki konstruksi yang terdiri dart 7 bagian utama, antara lain masill, hOllsmisi, sospallsi, rodo dati ban, rem, !tellstrl!ton, !tamodl, don bodi mobil17• Kine~a dari masing-masing bagian ini perlu dijaga untuk menghindari mobil dari kerusakan teknis. Sehingga umur mobil dapat lebih panjang dan dapat dicegah kerusakkannya terlebih dahulu.

  1. Kegiatan Non-teknis

Kegiatan ini lebih banyak berhubungan dengan permasalahan perawatan diluar kegiatan teknis/ mekanik. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kondisi interior dan eksterior mobil dengan cara pencucian atau memodifikasinya.

  1. Kegiatan olahraga

Kegiatan olahraga otomotif khususnya yang berhubungan dengan mobil memiliki banyak jenis/ macamnya. Olahraga tersebut seperti rally, drag race, offroad, balap turing yang memiliki agenda tetap dalam penyelenggaraannya.

  1. Kegiatan Sosial

Kegiatan ini merupakan tempat sosialisasi para penggemar otomotif dengan cara membentuk suatu klub-klub yang terdiri dari kesamaan jenis,. . • ,. :~, i : kendaraan yang dipakai. Kegiatan ini juga sering mengadakan aksi social kemasyarakatan seperti yang dilakukan para. offroader yang menolong para korban banjir yang melanda Jakarta.

  1. Kegiatan Hiburan

Otomotif tidak dapat lepes dari dunia entertainment yang memang mengangkat dan membesarkannya. Otomotif diangkat dalam dunia hiburan dikemas dengan cara menjadikannya suatu tontonan yang menarik seperti film, game dan periklanan. Film yang berhubungan dengan otomotif seperti The Fast And The Furious yang bercerita tentang balap jalanan dan Driven yang mengangkat cerita balap CART di Amerika. Otomotif juga menjadi ajang iklan bagi berbagai produk yang belum tantu yang akan berlaga tidak luput dari pemasangan ildan. Selain itu dari segi yang lain kini marak adanya cafe yang menonjolkan/ mengkhususkan hiburan yang berhubungan dengan otomotif. Seperti penayangan berbagai balapan dunia ditayangkan secara langsung dan dipenuhi oleh hadiah.

  1. Kegiatan Seni

Kegiatan ini berhubungan dengan koleksi mobil/ kendaraan antik seperti yang terdapat pada museum otomotif di Sirkuit Sentul.

  1. Kegiatan Perdagangan

Perdagangan merupakan peran yang sangat besar dalam mendongkrak nilai penjualan. Acara-acara paneran dan launching produk baru selalu dilakukan untuk menarik konsumen. Seperti yang terjadi di gedung Jogja Expo Center pada tanggal 2 November 2002 dalam acara Yogya Auto Expo yang melakukan launching produk terbaru Suzuki Aerio yang dikomblnasikan dengan peragaan busana dan tarian tradisional untuk menunjukkan bahwa produk mereka cocok untuk semua segmen.

  1. Kegiatan Pendidlkan

Pendidikan disini terdiri dari pendidikan teknis dan diluar teknis. Pendidikan teknis bertujuan untuk menciptakan mekanik-mekanik handal seperti yang ada pad Akademi Otomotif Nasional didaerah Maguwoharjo. Sedangkan pend/dikan diluar teknis lebih bertujuan menciptakan keahlian dalam berkendaraan, seperti yang dilakukan Star Safety and Speed Club.

 

Lihat juga tautan berikut ini : 

  1. lowering kit fortuner vrz
  2. grill fortuner trd 2019
  3. grill fortuner model prado
  4. bodykit fortuner 2016
  5. lampu plat nomor fortuner vrz
  6. lampu bumper honda city
  7. bodykit honda city 2014
  8. spoiler honda city 2015
  9. lowering kit honda city